Leave a comment

Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening

Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening>> Anda pasti penasaran bukan dengan apa yang dinamakan kelenjar getah bening serta faktor penyebab dan apa saja tanda-tanda timbulnya penyakit kelenjar getah bening? Yuk kita pelajari bersama mengenai Kelenjar Getah Bening.

kelenjar getah bening 2Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening>> Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh kita. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya di daerah submandibular (bagian bawah rahang bawah; sub: bawah;mandibula:rahang bawah), ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat.Terbungkus kapsul fibrosa yang berisi kumpulan sel-sel pembentuk pertahanan tubuh dan merupakan tempat penyaringan antigen (protein asing) dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Pembuluh-pembuluh limfe akan mengalir ke kelenjar getah bening sehingga dari lokasi kelenjar getah bening akan diketahui aliran pembuluh limfe yang melewatinya.Oleh karena dilewati oleh aliran pembuluh getah bening yang dapat membawa antigen (mikroba, zat asing) dan memiliki sel pertahanan tubuh maka apabila ada antigen yang menginfeksi maka kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh yang lebih banyak untuk mengatasi antigen tersebut sehingga kelenjar getah bening membesar. Pembesaran kelenjar getah bening dapat berasal dari penambahan sel-sel pertahanan tubuh yang berasal dari kelenjar getah bening itu sendiri seperti limfosit, sel plasma, monosit dan histiosit, atau karena datangnya sel-sel peradangan untuk mengatasi infeksi di kelenjar getah bening , infiltrasi sel-sel ganas atau timbunan dari penyakit metabolit makrofaga.Dengan mengetahui lokasi pembesaran kelenjar getah bening maka kita dapat mengerahkan kepada lokasi kemungkinan terjadinya infeksi atau penyebab pembesaran kelenjar getah bening.Untuk ciri-ciri kelenjar getah bening berikut penjelasnya.

Tanda-tanda yang terjadi pada penderita kelenjar getah bening:

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening pada daerah leher, ketiak,pangkal paha atau payudara.
  2. Penurunan berat badan secara drastis.
  3. Nafsu makan berkurang.
  4. Rasa lelah yang terus menerus.
  5. Batuk-batuk dan sesak napas.
  6. Gatal-gatal.
  7. Demam tanpa sebab.
  8. Keringat dingin pada malam hari.

Gejala penyakit kelenjar getah bening secara umum:

  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada ketiak
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada pangkal paha
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada payudara

Dibawah ini adalah gejala kelenjar getah bening berdasarkan jenis penyakit kelenjar getah bening:

1. Hodgkin’s

Merupakan jenis limfoma yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening dan limpa tanpa disertai rasa sakit. Kanker ini sangat progresif pada beberapa jaringan limfoid dan pertumbuhan abnormal sel terjadi secara cepat.

Faktor resiko terkena kanker getah bening jenis Hodgkin’s ini biasanya Pria atau wanita usia 15-38 tahun dan usia di atas 50 tahun dan yang mempunyai kelainan dalam fungsi sistem kekebalan seluler tubuh (sel-T) meskipun produksi antibodi normal.

Gejala-gejala terkena kanker getah bening jenis Hodgkin’s

  1. Pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening di sekujur tubuh: Leher, ketiak, dan lipat paha (tidak terasa nyeri).
  2. Demam, berkeringat pada malam hari, kurang nafsu makan, dan berat badan turun.
    Pada beberapa orang, kadang-kadang menyerang dada yang menyebabkan gangguan pernafasan.
  3. Semakin berkembang, sel-sel abnormal akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya dan mulai menyerang struktur lain termasuk paru-paru, hati, dan organ-organ abdominal.

2. Non-Hodgkin

Merupakan kanker ganas yang berasal dari limfonodus dan jaringan limfa lainnya. Limfoma jenis ini lebih sering terjadi pada pria terutama pada usia di atas 50 tahun. Semakin tua usia seseorang semakin tinggi resiko terkena limfoma. Hingga kini penyebab limfoma belum diketahui secara pasti namun ada empat kemungkinan yang menjadi penyebabnya yaitu:

  • Faktor keturunan,
  • Kelainan sistem kekebalan,
  • Infeksi virus atau bakteri dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia).

Gejala-gejala kanker getah bening jenis Non-Hodgkin:

  1. Pembesaran kelenjar getah bening.
  2. Pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus di leher dan sekitarnya menjadi kemerahan.
  3. Limfoma yang berkembang menunjukkan gejala demam, berkeringat pada malam hari, lelah, dan berat badan menurun.

Kesimpulan penyebab terjadinya penyakit kelenjar getah bening:

Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening>> Penyakit kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh infeksi dari berbagai organisme, yaitu bakteri, virus, protozoa, riketsia atau jamur.Secara khusus, infeksi menyebar ke kelenjar getah bening dari infeksi kulit,telinga,hidung atau mata.Dengan kita mengetahui penyakit ini dan ciri-ciri kelenjar getah bening kita akan dapat menghindarinya dengan menjaga pola hidup sehat dan bila sudah teridentifikasi penyakit ini kita dapat segera mengatasi mengobati dengan cepat.

 

Terimakasih atas perhatian dan kunjungannya, semoga bermanfaat 🙂

Salam sehat! Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening

Leave a comment